Jumat, 26 Oktober 2012

Yang Mampu Memaafkan adalah Bukan Orang Yang Lemah

Orang yang lemah tidak akan dapat memaafkan. Pengampunan adalah milik orang yang kuat.
The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong.
Mahatma Gandhi
Sumber : http://www.kata-kata-bijak.com/KataMotivasi/mahatma-gandhi


Beberapa kejadian bahkan mungkin pernah dialami sendiri, yakni ketika berda pada titik paling dasar dalam mengambil keputusan untuk memberikan maaf bagi seseorang yang sudah melaukan sesuatu yang kurang menyenangkan bahkan menyakitkan. seringkali kita berpikir bahwa memaafkan orang seperti itu adalah sesuatu yang tidak lazim bahkan merendahkan diri kita sendiri.
Namun, sebenarnya orang yang berani memaafkan adalah orang yang hebat dan kuat karena dengan memberikan maaf setidaknya melegakan hati meskipun kadan marah saat mengingat kejadian maupun keburukannya dimasa lalu dan itulah proses dari pada bagaimana memanage emosi yang kita miliki.

Dendam bisa mengatasi rasa benci kita saat terbalaskan, tapi tunggu dulu, apakah ada efek dari pada itu, apakah melanggar hukum, apakah menyakiti orang lai dan melukainya? itu akan ada konsekuensinya, dengan memberikan maaf maka hal-hal diatas bisa dihindari dan kemudian akan melakukan perbaikan komunikasi selanjutnya untuk menjadi lebih baiklagi kedepan.

Berilah maaf selagi ruang masih ada, karena penyesalan tidak akan berguna saat kesempatan itu berlalu dan akan susah untuk mengulangnya kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger